Cari Artikel

Friday 13 July 2012

TAKDIR,,, Apakah Bisa Dirubah?

Sahabat Rudie Blog, Memang tidak semua takdir bisa dirubah, misalnya jika Kita diciptakan menjadi seorang laki - laki, tidak bisa dirubah menjadi seorang perempuan. Kita memang tidak bisa mengubah takdir yang sudah terjadi, sebab waktu diciptakan tidak bisa mundur. yang dimaksudkan urian berikut adalah mengubah Takdir untuk masa mendatang ( yang belum terjadi )
 
Ada sebuah Khadits dari imam Turmudzi dan hakim, diriwayatkan dari abdullah bin umar, bahwa Nabi Muhammad SAw bersabda " Barang siapa hatinya terbuka untuk berdoa, maka pintu - pintu rahmat akan dibukakakn untuknya. Tidak ada permohonan yang disenangi oleh Alloh daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesunguyhnya doa bermanfaat bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali doa, maka berpeganglah wahai hamba Alloh pada doa. ( HR. Turmudzi dan Hakim ).

Berdasarka Khadits diatas, mungkinkan dapat disimpulkan bahwa Takdir bisa dirubah dengan Doa ( berdoa pada Alloh SWT ) ?. Alloh yang menetapkan takdir Kita, maka Alloh memiliki kuasa untuk merubahnya. Mengubah takdir artinya Alloh menggnti takdir tersebut dengan yang baru. Tetap, Alloh yang menetapkan takdir. Dengan doa yang selalu terpanjatka kepada-Nya,dengan Keikhlasan dan Kesungguhan, Insya Alloh, Alloh akan mengganti takdir kita dengan takdir/ ketentuan baru yang lebih baik.

Rosululloh SAW juga pernah bersabda, "Silaturrahmi dapat memperpanjuang umur dan Bersedekah dapat mengubah takdir yang Mubrom." ( HR. Bukhori, At-Turmudzi, Muslim, Imam Akhmad )

Berdasarkan Khadits tersebut, sudah tersirat bahwa dengan Kita sering bersilaturrahmi dan bersedekah, Alloh akan memanjangkan umur Kita dan mengganti Takdir menjadi Takdir baru yang lebih baik . Hal ini berarti Alloh merubah takdir ( tentang usia manusia ) yang telah ditetapkan-Nya.

Khadits lain juga disebutkan, diriwayatkan dari Sa'ad Ibnu  AbiWaqosh, Rosululloh bersabda " Maukah kalian Aku beritahu sesuatu Doa, yang jika Kalian memanfaatkan itu ketika ditimpa kesedihan atau bencana, Maka Alloh akan menghilangkan kesedihan itu, Para sahabat menjawab,Ya wahai rosululloh, Rosululloh bersabda, Yaitu doa Dzun -Dzun, : LA ILAHA ILLA ANTA SUBHANAKA INNI KUNTU MINADZ-DZOLIMIN. ( Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku termasuk diantara orang - orang yang dzolim ). ( HR. Imam Ahmad, At-Turmudzi dan Al-Hakim )

Khadits tersebut menjelaskan bahwa Takdir bisa dirubah dengan kita senantiasa bertasbih kpd Alloh, dengan Ikhlas dan sungguh-sungguh tentunya.

Khadits lainnya juga diriwayatkan oleh Ubay Ibnu Ka'ab, bahwa ada seorang laki -laki yang mendedikasikan semua pahal sholawatnyauntuk Rosululloh SAW, maka Rosululloh SAW berkata pada orang tersebut,  :" Jika begitu maka lenyaplah kesedihanmu dan dosamu akan diampuni." ( HR. Imam Akhmad At-Tobroni )

Dari khadits diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Alloh SWT akan merubah takdir Kita menjadi takdir yang lebih baik, apabila kita sering bersholawat atas Nabi dengan keikhlasan dan mengharapkan Ridho dari Alloh tentunya.

Oleh karenanya, janganlah berhenti untuk berdoa dan terus berusaha, Seburuk appun kondisi saat ini, semuanya masih bisa berubah. Asal Kita mau berdoa dan berusaha dengan sungguh - sungguh. ( Melaksanakan Ikhtiyar Lahiriah dan Ikhtiyar Batiniah ). Teruslah jalani hidup ini dengan selalu beroptimis, bahwa hidup Kita akan menjadi lebih baik. Aamiin ya Robbal 'alamin.

Insya alloh dengan kita :
-Rajin berdoa kepada Alloh dengan sungguh - sunnguh ( tentunya disertai dengan usaha lahir )
-Rajin bersilaturrahmi dan Bersedekah
-Rajin bertasbih kepada Alloh SWT
-Dan Rajin bersholawat kepada Nabi.
Takdir Hidup kita akan menjadi lebih baik.

@ Dari Berbagai Sumber

Sekedar berkata - kata.
Tak ada maksud apapun,
Semoga bisa memberi manfaat dan motifasi bagi sesama.
Maaf.....


0 comments:

Post a Comment