iframe scrolling="no" frameborder="0" style="overflow:hidden;border:0;margin:0;padding:0;width:150px;height:150px;" src="http://www.clocklink.com/html5embed.php?clock=006&timezone=JOG&color=green&size=150">

Jumat, 31 Mei 2013

Hadapi masalah dengan Tenang, Sabar, dan Ikhlas


 

                                               
 Sahabat Rudie Blog, Kehidupan manusia di dunia ini tak selamanya baik,  bahkan dikatakan tidak ada manusia yang hidupnya  berjalan lancar dan lurus tanpa ada masalah. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok, lusa, dan seterusnya. Apalagi di zaman sekarang yang menurut pandangan kebanyakan orang bahwa Bumi tidak lama lagi akan hancur dan Kiamat. Dunia ini sudah terlihat " Semrawut ( tidak teratur ) " dikarenakan ulah manusia penghuni bumi ini. Semakin tidak nyaman tatanan kehidupan di dunia ini, potensi untuk timbul masalah pada manuasia semakin besar.



   Masalah pasti akan datang pada diri manusia masing-masing, entah itu masalah keluarga, kesehatan, keuangan, pekerjaan, karier, bisnis,atau masalah hubungan sosial lainnya. Masalah-masalah tersebut akan datang tanpa sepengetahuan, tak diduga-duga, dan kapan saja bisa terjadi. Tak jarang, banyak diantara mereka yang frustasi menghadapi masalah yang semakin pelik dan tak juga terselesaikan. Bahkan lebih naasnya tak sedikit pula dari mereka yang akhirnya mengahiri  hidupnya sendiri ( bunuh diri ) sebagai jalan pintas karena sudah tidak mampu menanggun beban masalah yang begitu berat .

   Lantas apakah setiap masalah itu tidak ada jalan keluarnya dan selalu berada pada jalan buntu?  apakah setiap masalah ada penyelesaian sebagai jalan keluarnya? Sebaiknya masalah-masalah tersebut di atasai atau di tinggalkan? dan bagaimana caranya agar setiap masalah berakhir dengan penyelesaiana yang baik? 

   Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, pasti ada cara untuk menyelesaikannya. Masalah memang harus dihadapi, bukan untuk di tinggalkan. memang semua itu tidak mudah,, namun setidaknya dengan menggunakan tiga sikap syaitu : Tenang, Sabar, dan Ikhlas dalam menghadapi berbagai masalah tersebut,  Niscaya akan sedikit demi sedikit dapat mencapai pada kondisi yang reda yang kemudian menemui jalan keluar dan penyelesaian.

   Dengan tiga sikap tersebut, Tenang, Sabar juga Ikhlas, Pastinya masalah- masaslah yang kita hadapi akan berubah kepada kondisi yang lebih baik. dengan tidak lepas untuk selalu berdoa, memohon kepada Tuhan, karena Dia lah yang pada sebenanrnya yang menciptakan masalah dan juga yang menghilangkan/menghapus masalah itu.

    Kata tenang  bebarti  kelihatan atau diam tidak bergerak-gerak ( Adjective ) . Dalam hal ini Tenang dalam menghadapi masalah bebarti adalah sebuah pengkondisian diri utnuk tetap berfikir dan bertindak tenang ( stabil ) dalam menyikapi suatu masalah. Dengan tenang, apapun masalah yang menimpa pada diri kita akan menjadi terasa ringan, bukan menjadi hal yang berat. Dengan ketenangan, emosi menjadi lebih terkontrol.

  Sabar berarti tahan menghadapi cobaan, ( tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati ).
Dalam hal ini, sabar adalah komponen penting dalam menghadapi dan mengatasi suatu permasalahan . dengan sabar, Apapun cobaan itu, seberat apapun, Kita akan tetap bertahan. hingga masalah tersebut akan dengan sendirinya menjadi reda bahkan hilang. Dengan sabar, manusia akan menjadi lebih bijak dan arif menyikapi suatu masalah.

  Dan yang paling urgen adalah Ikhlas, Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang menerima dengan Ikhlas atas apa yang sudah terjadi pada dirinya. dengan ikhlas, suatu hal yang seharusnya menjadi masalah, akan menjadi terasa bukan sebagai sebuah masalah, atau setidaknya itu bukanlah menjadi masalah yang berat. dengan Rela terhadap masalah yang sedang menimpa, maka hati dan jiwa akan terasa tenang, masalah yang tadinya berat akan terasa ringan, dan akhirnya masalah tersebut tidak lagi dipermasalahkan, namun sudah di ikhlaskan. Yang kemudian kita bisa menyadari dan  membiarkan masalah tersebut menjadi sebauh pelajaran, untuk lebih hati-hati dalam melangkah ke depannya.

   Sabar, Tenang , dan Ikhlas adalah tiga komponen penting yang harus selalu dikondisikan dalam aspek kehidupan, agar setiap maslaah yang menimpa pada diri kita dapat segera terselesaikan. karena pada sebenarnya masalah itu harus dihadapi, dan harus diselesaikan. kita tidak bisa lari dari masalah, Kita harus menghadapainya, menghadapainya dengan tenang, sabar, dan Ikhlas. 

    Semoga dengan Tenang, Sabar, dan Ikhlas permasalahan yang sedang menimpa Kita dapat segera teratasi dan terselesaikan.
Aamiin...





   






0 komentar:

Poskan Komentar