Cari Artikel

Thursday 25 July 2013

Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qodar,,, Inilah Peristiwa Penting dan Mulia di Bulan Suci Ramadhan.

Tidak terasa puasa kita di bulan ramadhan  ini sudah memasuki hari ke -15, semoga kita semua mampu menjalani puasa tahun ini sampai genap 1 bulan. Aamiin....
Sudah Kita ketahui , Dalam bulan Ramadhan ada  peristiwa penting dan mulia yang selalu menjadi peringatan ( pastinya peristiwa yang di ingat bahkan di nanti2 ) yaitu Nuzulul Qur'an ( Turunnya Al-qur'an ) dan Lailatul Qodar.
** Nuzulul Qur'an ( Turunnya Al-qur'an )

Nuzulul Qur’an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi Muhammad SAW.
Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah Surat Al "Alaq ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi :
  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
  5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya
Saat  wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut. Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama, sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (Al-Bara’ bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’ ).

** Lailatul Qadar ( Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan )

Di ambil dari Wikipedia, Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ ) (malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an.

Isi Surat Al Qadar menyatakan, Al-Qur'an mulai diturunkan pada malam Lailatul Qadr, yang nilainya lebih dari seribu bulan. Dalam Islam dikatakan bahwa pada malam ini malaikat Jibril dan lainnya turun ke dunia untuk mengatur segala urusan. Pada surah al-Qadr ini diterangkan bahwa permulaan al-Qur'an diturunkan ialah pada malam Lailatul Qadr dan diterangkan juga ketinggian derajat malam ini.
Dinamakan lailatul qodr karena pada malam itu malaikat diperintahkan oleh AllahSWT untuk menuliskan ketetapan tentang kebaikan, rezeki dan keberkahan di tahun ini, sebagaimana firman Allah SWT :

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ ﴿٣
فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ ﴿٤
أَمْرًا مِّنْ عِندِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ ﴿٥

Artinya : ”Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi[1369] dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Ad Dukhan : 3 – 5)

Al Qurthubi mengatakan bahwa pada malam itu pula para malaikat turun dari setiap langit dan dari sidrotul muntaha ke bumi dan mengaminkan doa-doa yang diucapkan manusia hingga terbit fajar. Para malaikat dan jibril as turun dengan membawa rahmat atas perintah Allah swt juga membawa setiap urusan yang telah ditentukan dan ditetapkan Allah di tahun itu hingga yang akan datang.
Lailatul Qodr adalah malam kesejahteraan dan kebaikan seluruhnya tanpa ada keburukan hingga terbit fajar, sebagaimana firman-Nya :

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ﴿٤
سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ﴿٥

Artinya : ”Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qodr : 4 – 5)

Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qodar adalah  peristiwa penting pada bulan Ramadhan dimana  peristiwa tersebut menggambarkan betapa mulia dan Agungnya nya bulan Ramadhan ini. Sudah seharusnya di bulan ini menjadi momen yang tepat bagi Kita  untuk menginstropeksi diri sekaligus memperbaiki diri dengan memperbanyak amal dan ibadah kepada Allah SWT.

Semoga dengan memuliakan malam nuzulul qur'an , Kita termasuk orang2 yang selamat, beruntung dan bahagia karena bisa mengistiqomahkan membaca Al-qur'an sekaligus memahami untuk menerapkan dalam kehidupan ber-Tuhan dan bermasyarakat. Dan pastinya Kita selalu berharap untuk memperoleh lailatul Qodar, hingga suatu saat nanti atau bahkan di bulan Ramadhan ini Kita mendapatkan malam yang keindahannya melebihi seribu bulan itu. Aamiin,,,,


0 comments:

Post a Comment