Cari Artikel

Saturday 7 July 2012

Arti Hidup Yang Sesungguhnya


Sahabat Rudie Blog, Sepertinya sudah tidak asing lagi ketika mendengar dua kata yang sederhana namun  menyimpan makna yang harus dipahami dengan benar, ialah  ARTI HIDUP. Para Motifavor atau Ahli Pengembangan  diri mengatakan bahawa “ memahaminya adalah langkah penting dalam menggapai kesuksesan “. Sungguh benar kalimat motivasi tersebut, namun apakah cukup kesuksesan tersebut hanya dapat digapai di dunia ini?

Ada satu hal yang sebaiknya Kita perhatikan dalam hal ini, saat motivator memandu Kita dalam menemukan arti hidup, benarkan Kita akan diarahkan dalam menemukan arti hidup yang sesungguhnya?

ARTI HIDUP SECARA UNIVERSAL

Nilai-nilai yang Kita anut, akan menentukan hidup Kita. Saat nilai yang Kita anut tidak utuh, maka Hidup Kitapun menjadi tidak utuh, Jika kita hanya mengandalkan pada para Motivator  yang katanya member nilai Universal, maka tentunya Kita tidak dapat mendapatkan Nilai-nilai Islam secara Utuh. Dalam hal ini bukan berarti  Kita tidak boleh mngikuti Para Motivator yang bersivat Universal, tetapi jangan cukup sampai disini. Kita harus mau mempelajari dan menerapkan cara hidup sesuai dengan ajaran Muslim.

ARTI HIDUP MENURUT ISLAM

Agar dalam memahami  Arti Hidup bisa sampai pada makna yang sebenarnya ( tidak Dangkal ), Kita harus kembali memahaminya dari sumber atau rujukan yang benar, yaitu Al-qur’an dan Al-khadits. Tentu saja, apabila Kita menggalinya berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Khadits akan menjadi pembahasan yang panjang. Yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah, Kita jangan mengambil dari sumber atau referensi yang tidak jelas dan tidak pasti. Pemahaman yang salah bisa merubah Kehidupan  Kita, bahkan kehidupan kita nanti di akherat.

Pada intinya, Arti hidup menurut Islam adalah Ibadah, Keberadaan Kita di dunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Alloh SWT. Makna ibadah yang dimaksud tentu saja dalam pengertian yang benar, bukan berarti hanya Sholat, Zakat, Puasa, dan Haji saja, ( Hablumminalloh ), namun ibadah yang terealisasikan dalam aspek Kehidupan ( Hablumminannas ).

“Dan Aku tidak  menciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya mereka menyembah-KU.” 
( QS. Azzariyat ayat  : 56 )

IBADAH…… inilah Arti Hidup yang sesungguhnya.
Semoga Kita tergolong Manusia yang mampu menggapai  Kesuksesan di dunia ini, dan di akherat nanti.
Aamiin.

1 comments:

  1. Kunci sukses itu hanya kerja keras, tidak malas, konsisten, udah gitu aja.. Coba lakukan dalam 2-3 tahun, selanjutnya lihat hasilnya.. :)

    ReplyDelete