Cari Artikel

Monday 29 July 2013

Inilah Rahasia dan Manfaat Sholat Tahajjud bagi Kesehatan

Sahabat Rudie Blog, Sepertinya sudah tidak asing lagi ketika Kita mendengar tentang sholat Malam atau sholat Tahajjud. Pastinya Kita bisa mengartikan bahwa Sholat tahajjud adalah Sholat sunnah dua roka'at yang dikerjakan pada waktu malam hari atau waktu istimewanya di sepertiga malam terakhir. Dalam kesempatan ini Saya tidak membahas pengertian Sholat tahajjud, namun saya akan memberikan manfaatnya yang telah dibuktikan dengan penelitian secara Ilmiah

Sangat disayangkan sekali jika Kita sebagai umat muslim hanya bisa mengenal saja tentang sholat Tahajjud tanpa berusaha untuk menjalankannya bahkan mengetahui manfaat yang begitu luar biasa. Kita sebagai umat Muslim sebaiknya mengetahui betapa bermanfaat sekali sholat malam tersebut bagi kesehatan fisik Kita, juga dalam upaya pendekatan diri kepada Allah SWT. Sehingga Kita jadi tergiur untuk berusaha menjalankan sholat Tahajjud tersebut.

Lantas  apakah kebaikan dan kelebihan yang kita peroleh dari mengerjakan sholat tahajjud sementara yang lain sedang terlelap dalam  tidur?

Rahasia dan Manfaat Sholat Tahajjud bagi Kesehatan

Dari segi logis, mungkin Kita tidak memahami bahwa perintah Allah SWT itu mengandung banyak kebaikan. Sesungguhnya Shalat Tahajjud meneguhkan iman kita, jiwa kita, mental kita untuk menghadapi masalah hidup duniawi dan lain-lain.


Dari segi sains , perlu diketahui bahwa Kita akan menghirup oksigen di atmosfer bumi sekitar jam tiga pagi hingga terbit matahari sehingga ketika menggerakkan otot-otot yang berada dalam tubuh kita maka akan membuat badan kita segar dan melancarkan aliran darah di tubuh kita. Oksigen akan hilang dari atmosfer bumi selepas matahari terbit dan tidak datang lagi sampai besok pagi. Hanya manusia yang bangun pada waktu ini yang dapat menikmati oksigen tersebut.

Mari Kita coba amati pergerakan pada Sholat. Pertama kita berdiri tegak kemudian mengangkat kedua tangan (bertakbir) dan meletakkan tangan di atas dada. Gerakan-gerakan tersebut telah membesarkan rongga dada kita sehingga paru-paru akan terasa lapang. Di saat sujud, seluruh berat badan tertumpu sepenuhnya di atas otot-otot kedua tangan, kaki. Dalam gerakan ini banyak otot persendian yang kita gerakan di antaranya dada, perut, punggung, leher dan otot-otot kaki. Setelah itu kita bangkit dari sujud. Kita duduk, kemudian kita sujud lagi dan sesudah itu kita berdiri kembali. Dalam gerakan kali ini secara automatik kita telah menggerakkan sejumlah besar otot-otot di dada , bahu, lengan, perut, punggung, paha, kaki bagian bawah dan otot-otot lainnya. Selain itu kita juga melakukan dua jenis duduk, pertama duduk antara dua sujud dan kedua duduk tasyahud. Kedua jenis duduk ini menggerakkan tumit , pangkal paha, selangkangan, jari-jari kaki dan lain-lain. Ketika kita memberi salam, kita menggerakkan otot-otot leher tengkuk dan lain-lain.

Kalau kita lihat dari dua hal diatas yaitu menghirup oksigen yang keistimewaan gerakan-gerakan shalat, semuanya itu sudah tentu akan menyehatkan tubuh kita. Sholat Tahajjud bisa juga menjauhkan penyakit pinggang yang selalu menyerang orang yang banyak tidur dan bangun lewat dari tidur malam.

Apa sebenarnya tujuan Allah SWT menyuruh kita bangun di tengah malam untuk melaksanakan Shalat Tahajjud? Apa rahasia dibalik perintah Allah tersebut?
Rasulullah SAW bersabda:
“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Tirmidzi).
Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa dengan melaksanakan shalat tahajjud dosa-dosa yang telah Kita perbuat akan terhapus dan selain itu tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat.
Beberapa data ilmiah membuktikan adanya hubungan shalat tahajjud dengan kesehatan, di antaranya diungkapkan oleh Dr. Abdul Hamid diyad dan Dr. Ah Qurquz .

Dr. Abdul Hamid diyab dan Dr. Ah Qurquz menjelaskan bahwa shalat Malam atau shalat Tahajjud mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkana penyakit. Hal ini terjadi karena ketika orang bangun tidur malam hari, berarti menghentikan kebiasaan tidur dan ketenangan terlalu lama yang merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Aktifitas shalat malam, untuk menghadap Allah SWT, akan menenangkan hati dari segala kegundahan dan kegelisahan hidup yang dialami.
Bangun malam dapat mengkondisikan  tubuh menjadi bugar dan  bersemangat, serta terhindar dari penyakit punggung pada usia dini. Dalam salah satu penelitian medis terbukti bahwa orang-orang yang terbiasa shalat malam relatif lebih aman dari serangan penyakit pada tulang punggung dari pada orang-orang yang tidak shalat malam.

Shalat Tahajjud memiliki kandungan aspek meditasi dan relaksasi yang cukup besar, dan memiliki pengaruh terhadap kejiwaan yang dapat digunakan sebagai strategi penanggulangan adaptif pereda stres. Sebagaimana juga dijelaskan Dr. M.Soleh bahwa stres punya pengaruh yang besar terhadap ketahanan tubuh seseorang. Dan stres, baik fisik maupun psikis menyebabkan terjadinya pengeluaran cairan tubuh (hormon) cukup banyak dan penguapan dari tubuh yang lebih cepat.

Dalam bidang bio-teknologi, shalat tahajud dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan respon ketahanan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang terkena penyakit kanker. Dalam bidang ini pula shalat tahajud dapat meningkatkan respons emosional positif yang efektif dalam menegakkan anastesis pra bedah.

Shalat tahajjud yang dikerjakan dengan penuh kesungguhan, khusyu, tepat, ikhlas dan terus menerus diyakini dapat menumbuhkan persepsi dan motivasi positif yang dapat menghindarkan reaksi stres.

Inilah Rahasia dan Manfaat Sholat Tahajjud bagi Kesehatan. Semoga dengan Kita memahami betapa besasnya manfaat dari sholat Malam, Kita menjadi tergerak hatinya unutk menjalankan serta mengistiqomahkan sholat malam tersebut. Dan bagi yang sudah rutin menjalankannya, teruslah beristiqomah,
karena sudah pastinya solat tahajjud adalah meditasi sebagai sarana pendekatan diri kepada sang Pencipta yang mampu memberikan ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan baik lahir maupun batin.

0 comments:

Post a Comment