Cari Artikel

Saturday 15 June 2013

Inilah Makna Cinta yang Sebenarnya,,, Mencintai karena Allah

Apa Makna Dan Arti Cinta Yang Sebenarnya? Cinta, Apa sebenarnya cinta itu? Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:

Perasaan terhadap keluarga
Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme.

Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh semua kebudayaan manusia. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian dari cinta pun sulit ditetapkan. Lihat hipotesis Sapir-Whorf.
Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada 'jiwa' atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dll. Cinta lebih berarah ke konsep abstrak, lebih mudah dialami daripada dijelaskan.
Cinta kasih yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keindahannya

Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
·         Perasaan
·         Pengenalan
·         Tanggung jawab
·         Perhatian
·         Saling menghormati

Ratusan, bahkan sudah ribuan buku mengulas tentang apa cinta itu sebenarnya. Tapi siapa yang tahu? Siapa yang tahu tentang cinta itu sebenarnya. Jika aku mencari di internet, yang saya temukan tentang cinta hanyalah ulasan panjang yang sama sekali tak dimengerti artinya. Dan pada akhirnya, saya masih tak tahu tentang cinta.

Apa sebenarnya cinta itu?

Banyak orang bilang jika cinta itu sebuah kerelaan, kesediaan untuk menerima orang lain tak peduli bagaimana orang itu. Jika begitu, apa bedanya cinta dengan lapang dada? Apa bedanya cinta dengan sebuah penerimaan? Dengan sebuah perasaan? Orang lain berkata bahwa cinta adalah perasaan yang begitu indah yang bisa dimiliki manusia. Lantas, kenapa cinta membuat orang menangis? Kenapa cinta membuat orang terluka dan pada akhirnya putus asa?
Cinta sebenarnya adalah Anugrah dari Allah SWT yang mana dengan adanya rasa cinta ini kita bisa menjalankan kewajiban kita sebagai seorang ibu atau suami atau anak. dengan adanya rasa cinta seorang suami bisa dengan tulus dan ikhlas menjalankan kewajibannya mencari nafkah untuk keluarganya walaupun terkadang pekerjaannya itu beresiko terhadap nyawanya, seorang ibu / isteri juga karena adanya rasa cinta  ia rela berkorban menahan rasa sakitnya melahirkan itu juga beresiko terhadap nyawanya, mendidik anak anaknya, melayani suaminya dengan penuh cinta dan ketulusan, Seorang anak juga dengan adanya rasa cinta ia bisa berbakti kepada orang tuanya, melaksanakan  kewajiban sebagai seorang anak dan seterusnya...

Mencintailah karena Allah dengan cara yang tidak melanggar syare'at-Nya. Karena dengan demikian cinta itu akan membuahkan hasil yang sangat manis baik didunia maupun diakherat, Cinta yang sebenar-benar cinta yang bersumber dari Allah SWT yang akan melahirkan kebahagiaan yang hakiki .

Cinta kepada bunga akan layu...
Cinta kepada Manusia akan berpisah...
Namun Cinta kepada Allah itulah cinta yang hakiki, yang menjadi Abadi.


Bahagia bukan berarti memiliki orang yang Kita cintai...
Namun bahagia ialah mencintai orang yang kita miliki karena Allah... 
Inilah esensi dari Cinta yang sebenarnya.

1 comments: